palagan

Monumen Palagan Ambarawa merupakan ciri khas kota Ambarawa. Selain menyebut nama kota Ambarawa, mereka juga kadang memakai nama kota Palagan.
Monumen ini merupakan simbol untuk mengenang sejarah pertempuran bangsa Indonesia melawan Belanda yang terjadi di Ambarawa. Pertempuran Ambarawa diawali pada tanggal 12 Desember 1945 sampai 15 Desember 1945 di daerah Ambarawa. Pasukan Sekutu yang terdesak dari Magelang mengadakan pengunduran ke Ambarawa, dan pasukan TKR yang dipimpin Kolonel Soedirman berhasil menghancurkan Sekutu pada tanggal 15 Desember 1945 dan sampai sekarang diperingati sebagai Hari Infanteri.
Di monumen ini Anda dapat menemukan peninggalan pemerintahan Jepang dan Belanda. Anda dapat melihat seragam para tentara Jepang dan Belanda, senjata perang, seragam tentara Indonesia, dan barang bersejarah lain.
Untuk ukuran yang agak besar, Anda dapat menemukan beberapa tank kuno dan meriam yang digunakan dalam pertempuran tersebut. Yang paling menarik adalah Anda dapat menemukan pesawat Mustang Belanda yang berhasil ditembak jatuh ke dalam Rawa Pening.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: